tentang dioda dan cara mengukurnya



salam jumpa sahabat blogger....
pernah dengar yang namanya dioda kan...?pasti ketika kita masih sekolah dulu pernah lo di ajarain mengenai komponen DIODA kan? seperti yang kita bagikan tips dan trik mengukur sebuah dioda kali ini ,apakah dioda itu short..atau tidak kita bisa mengetahuinya dengan cara di ukur menggunakan MULTITESTER ..caranya bagaimana sahabat ? ok langsung aja.. mari kita bahas  sebelumnya kita lihat gambar berikut :






simbol dioda



bentuk visual dioda



coba perhatikan simbol dioda seperti yang tampak pada gambar,di situ tertulis hurup A dan hurup K...
hurup A artinya Anoda dan hurup K artinya Katoda....sekarang kita siapkan sebuah MULTIMETER kemudian sebelum menggunakan multimeter biasakan selalu mengkalibrasi ...atau posisi jarum menunjukan ke angka mol. caranya gimana?

begini caranya tempelkan knob merah dengan hitam ...jangan salah ya kutub positif dan negatifnya...MERAH menunjukan positif dan HITAM menunjukan negatif, setelah selesai kita kalibrasi  lanjut tempelkan knob warna merah ke kutub KATODA dan warna hitam Ke kutub ANODA ,langkah selanjutnya coba perhatikan jarum pada skala meter ...kalau DIODA tersebut itu dalam keadaan baik alias masih bagus jarum akan bergerak menuju angka kurang lebih 5 ohm ..
oh iya ...?? hampir lupa nih..? jangan lupa set selektor pada angka 1X10..pada OHM range. dan jika dioda itu dalam keadaan rusak jarum akan menunjukan ke angka nol.nah ini yang di sebut dioda short ..
kira-kira dan belum nih.. sahabat? kalo masih belum jelas coba baca dan perhatikan sekali lagi dengan teliti...alias nyantai ngga usah buru-buru...sampai kita benar-benar memahami betul isi dari postingan BLOG DUNIA ELEKTRONIKA ini.demikian uraian singkat mengenai komponen dioda .
mudah-mudahan manfaat buat sahabat blogger...tercinta.

0 komentar: