bagaimana cara menggunakan multitester

salam jumpa sahabat blogger yang ku cinta.
ada ngga yah? seorang yang hobby dunia elektronika tapi masih kuarang memahami dalam memakai peralatan bantu kerja seperti multitester,...mungkin masih ada saya kira .untuk yang sudah senior dalam berkecimpung di dunia elektronika pasti faham betul. mungkin juga masih ada sahabat blogger yang belum faham betul bagaimana cara menggunakan alat bantu kerja teknisi yaitu : MULTITESTER ..untuk itu alangkah baiknya pada hari ini aku mencoba berbagi tips...BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN MULTI TESTER  . ok sahabat langsung saja kita ke topik selanjutnya sebelumnya mari kita perhatikan gambar MULTITESTER di bawah ini :



MULTITESTER


kemampuan menguji komponen dan menggunakan alat elektronika adalah suatu keharusan bagi yang hobi dalam merakit pesawat elektronika...seperti power amplifier,alarm,television dll. Tanpa mempunyai bekal pengetahuan ini,pasti sahabat blogger akan mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan reparasi elektronika,oleh sebab itulah sehingga dalam posting kali ini pula saya brusaha berbagi ilmu dan pengalaman saya yang saya tekuni selama kurang lebih 10 tahun.seorang teknisi handal sekalipun kalau tidak ada Multimeter/multitester tidak bisa apa-apa. berikut structur alat multitester :

perhatikan gambar tersebut

coba sahabat perhatikan gambar di atas secara teliti,lihat arah panahnya,
susunan sebuah multimeter terdiri dari :
  • papan skala 
  • jarum penunjuk skala
  • pengatur knob skala
  • kalibrasi jarum skala
  • ohm range
  • kutub positif
  • kutib negatif
  • selektor
  • DC range
  • Ac range
  • ampere range
dengan sebuah alat multimeter kita dapat mengukur :
  1. transistor
  2. resistor
  3. potensiometer
  4. VR (variable resistor)
  5. condensator
  6. louds speaker
  7. kumparan
  8. spoel ascilator,MF,
  9. travo input
  10. travo output
  11. mengukur kabel
  12. dan lain sebagainya.
  13. DIODA
sahabat dah faham kan...? kalo belum faham silahkan baca kembali sampai faham betul..atau seandainya masih kurang bisa langsung tanyakan ke saya..
ok sahabat blogger ...kiranya sampai di sini dulu postingan saya kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya
salama sejahtera ...wassallam.

0 komentar: