reparasi kerusakan televisi china

memang benar apa yang di katakan orang....... bahwa kalo orang jawa bilang ono rego ono rupo...
sahabat,,,blogger...entah sudah berapa kali saya menemui dan sering mereparasi mesin TV china...ya memang mesin china di rancang untuk orang kelas menegah ke bawah....makanya pabriknya memberikan harga yang murah....tapi kadang-kadang bisa jadi bumerang buat para teknisi ELEKTRONIKA.bagaimana tidak .....mesin televisi di rancang ....yang penting nyala dah beres,tanpa memikirkan segi kualitas...akibatnya banyak orang menyebutnya dengan merk " semoga awet" hehehehe.... kalau kita bertemu dengan pasien yang sedikit mengerti tentang ELEKTRONIKA...mungkin pasien tak akan menyalahkan teknisi....yang bikin hati mules jika mendengar keluhan dari pasien ...Katanya mereka: kenapa Televisi baru di betulin kemarin ko sekarang sudah rusak...? keluh nya..
kalau sudah begitu teknisinya jadi bingung deh? mau apa nih ...? lah kesalahan bukan dari teknisinya...tapi ko teknisinya yang di salahin...padahal komponen mesin tv china kualitasnya kurang bagus sehingga mudah sekali rusak.....seperti contoh di gambar ini :





sahabat...blogger ? seperti postingan kali ini ...kemarin sore ada mesin tv china datang ke rumah ...gejalanya kerusakannya suara normal tapi gambarnya blank..alias polos....langkah awal yang saya kerjakan adalah membuka cassing belakang dari Televisi tersebut. adalah mebuka dengan sebuah obeng plus panjang... buka tutup belakang television..lepaskan seluruh soket yang terdapat dalam mesin....kemudian bersihkan dengan kuas...lanjut solder ulang seluruh solderan ,terutama di bagian yang kena panas seperti regulator,matric,hirsontal...di bagian ini solderannya sering kering hingga perlu di solder ulang....setelah selesai kita coba pasang mesin TV tersebut,,,ternyata masih seperti semula ya...lanjutkan dengan pengukuran tegangan di tiap-tiap blok...ukur dengan MULTIMETER.untuk gejala seperti judul di atas...yaitu REPARASI KERUSAKAN TELEVISI CHINA...itu di bagian penguat video...ada yang tidak beres ...kita coba meluncur ke tkp.lanjut saya ukur tegangan yang menuju ke video yaitu sekitar 185V.di cuma terdapat 100V. kemungkinan ini yang menyebabkan gambar tidak muncul...alias ngeblank....ku telusuri skema..jalur tersebut..dan aku menenmukan sebuah transistor yang nilanya kurang dari semestinya....seharusnya resistor 110kohm ternyata menjadi 500 kilo ohm....aku kanibal saja resistor bekas ,,yang masih lumayan bagus...setelah resistror aku ganti dan kemudian TV ku coba di nyalakan ..benar saja dugaanku tv nyala dengan sempurna....alhamdulillah akhirnya kelar juga kerjaan hari ini....
sobat samapai di sini dulu artikel kali ini...lain kali saya akan berbagi dengan judul yang berbeda ...demi kenyamanan..bersama....belajar bersama...semoga manfaat buat sahabat blogger.

0 komentar: